Hello The Real World

Pemandangan sore hari yang mendung di balkon lantai 5 dengan memikirkan masa depan yang jauh diujung pandangan

Setelah merasakan wisuda yang euphoria-nya hanya berlangsung satu hari maka hari berikutnya hanya berlanjut seperti biasanya tetapi ber-label pengangguran.

Sabagai pengangguran baru, saya merasa perlu bersantai dahulu menikmati hidup yang terlepas dari dunia perkuliahan. Yah walaupun masih kepikiran untuk mencoba melamar kerja apa, sempat berpikir untuk ke Jakarta mengikuti jejak beberapa teman untuk mencari kerja disana.

Dua minggu setelah wisuda, ada info lowongan kerja sebagai outsourcing perogrammer di Telkomsel Palembang. Karena untuk mencari pengalaman dan mengisi waktu luang, saya coba - coba untuk mengirimkan CV.

Sekitar seminggu kemudian, saya dipanggil untuk mengikuti wawancara kerja, ini merupakan wawancara kerja pertama saya yang tidak memiliki pengalaman apa - apa. Wawancara berputar tentang CV saya, kegiatan saya selama kuliah, dan hal - hal tentang pemrograman. Sebenernya gugup dan tidak yakin dengan diri sendiri, karena pengalaman dibidang pemrograman untuk membuat satu produk jadi itu belum ada, cuma hanya sampai ke tahap belajar.

Seminggu kemudiannya lagi, saya kembali dipanggil untuk wawancara, tetapi kali ini bukan ke Telkomsel melainkan ke Koperasi Telkomsel (Kisel), disini saya diberitahu kalau saya diterima kerja dan akan mulai bekerja secepatnya. Setelah wawancara itu saya baru tahu kalau saya akan bekerja di bawah naungan PT. Kinarya Ahlidaya Mandiri (KAM).

Dan disinilah saya, bekerja sebagai programmer untuk divisi Market and Development Customer (MCD) Telkomsel Sumbagsel. Saya memang tidak bekerja di divisi IT-nya, tetapi Saya bertugas untuk membuat program berbasis web untuk menunjang kerja dari divisi MCD.

Sebagai fresh graduate ini merupakan kesempata emas yang saya dapatkan untuk mengumpulkan pengalaman kerja dan belajar tentang dunia kerja.

Karena untuk mendapatkan kerja diperlukan pengalaman dan untuk mendapatkan pengalaman diperlukan kerja.
Hallo, Adhit

0 komentar: